Kamis, 01 Desember 2016

Bagaimana Cara Memilih dan Memasang Antena yang Handal

 Hampir kebanyakan orang menikmati tayangan televisi selama tiga jam setiap hari. Di era digital sekarang, televisi bukan merupakan sebuah media hiburan semata, tetapi sudah begeser menjadi kebutuhan. Tayangan-tayangan yang sarat akan informasi bisa dengan mudah disiarkan melalui jaringan pertelevisian.
Jaringan siaran televisi di kota-kota besar sekarang ini, mudah untuk didapatkan. Hampir setiap rumah bisa menikmati tayangan televisi dengan kualitas gambar jernih dan suara yang bagus. Baik atau buruk sebuah tayangan televisi tentu tidak terlepas dari kualitas antena yang digunakan. Berikut ini adalah ulasan mengenai jenis antena dan bagaimana cara memilih dan memasang antena yang handal.

Macam-macam Antena dan Kegunaannya


Antena merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memancarkan dan/atau menangkap sebuah sinyal jaringan tertentu. Karena setiap antena digunakan untuk menangkap sinyal jaringan yang berbeda-beda, maka ragam antena yang bisa ditemui di pasaran sangat banyak.
Jika dilihat dari jenisnya, secara umum antena terbagi menjadi dua, yaitu:

Antena Directional

Ini merupakan antena dengan jenis narrow beam width, yang artinya antena ini hanya memiliki sudut pancaran yang kecil. Meskipun sudut pancarannya kecil, keunggulan dari antena ini adalah pancaran sinyalnya lebih terarah. Yang termasuk ke dalam antena jenis direksional adalah antena yagi, antena parabola, antena grid, dan antena sectoral.

Antena Omni Directional

Jenis antena ini memiliki sudut pancaran yang lebih lebar, dengan jarak pancaran yang lebih pendek. Antena omni directional sangat cocok dipasangkan ketika Anda ingin menyebarkan sinyal ke segala arah. Biasanya, antena ini dimanfaatkan dalam penggunaan ponsel, router hotspot, dan dipole.
Lalu, bagaimana dengan antena yang mampu membuat tampilan televisi menjadi lebih jernih? Jawabannya adalah menggunakan antena jenis directional. Proses pemasangan sistem pertelevisian di sebuah rumah, terdapat dua buah antena yang sering digunakan, antara lain:

Antena Yagi

Antena tipe ini biasa digunakan untuk menerima sinyal elektromagnetik pada pemancar radio dan TV telestrial (UHF/VHF). Pada antena ini terdapat tiga buah bagian, yaitu driven, reflektor, dan director.

Antena Parabola

Antena yang memiliki bentuk serupa dengan wajan penggorengan ini biasa pula digunakan untuk menangkat sinyal televisi. Sinyal elektromagnetik akan ditangkap dan dikumpulkan pada suatu titik fokus. Bukan hanya untuk menonton televisi, antena jenis ini juga kerap dipakai pada instalasi jaringan internet.


Bagaimana Cara Memilih dan Memasang Antena yang Handal


Karena terdapat berbagai macam antena di pasaran, terkadang memilih antena yang tepat bisa menjadi kesulitan tersendiri. Bagi Anda yang ingin memasang sistem pertelevisian dirumah, silakan simak bagaimana cara memilih dan memasang antena yang handal berikut ini:

Memilih Antena yang Memiliki Banyak Elemen

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih antena dengan deret elemen yang banyak dan panjang. Hal ini disebabkan ketika direktor antena cenderung lebih panjang, sehingga sinyal yang diterima akan lebih mudah untuk dikuatkan.

Pilih Kabel Antena yang Tebal

Untuk kabel antena yang handal, Anda bisa memilih kabel 75 ohm coaxial. Pasalnya, kabel ini memiliki loses kecil dan serabut pelindung lebih banyak. Selain itu, kabel yang handal juga memiliki kawat konduktor yang lebih tebal.

Perhatikan Detail Pemasangan

Saat melakukan instalasi, usahakan untuk memasang antena pada area yang dekat dengan booster. Upaya ini perlu dilakukan agar tidak terjadi penggulungan kabel yang dapat memperlemah arus sinyal. Selain itu, agar hasil tampilan lebih jernih pastikan untuk tidak memasang antena dengan ketinggian lebih dari 15 meter.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar