Kamis, 01 Desember 2016

Cara Instalasi MATV


Di era sekarang, layanan televisi sangat erat kaitannya dengan tren gaya hidup. Kebanyakan orang saat ini menghabiskan waktu menonton televisi lebih dari tiga jam perhari. Namun, tidak jarang mereka mengalami kendala, seperti kesulitan menangkap siaran televisi. Tentunya hal seperti ini sangat mengganggu.
Bagi Anda yang kerap mengalami gangguan siaran televisi, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk memasang sistem MATV. Apa sih MATV itu? Berikut ini akan diulas secara singkat apa itu MATV, komponen, cara kerja, dan bagaimana cara instalasi MATV.

Mengenal Secara Singkat Apa Itu MATV?


MATV adalah singkatan dari Master Antena Televisi, yaitu sebuah sistem distribusi sinyal siaran televisi. Sistem ini biasa dipasang pada suatu gedung yang memiliki banyak kamar, seperti apartemen, hotel, rumah sakit, dan perkantoran.
Masalah kesulitan menangkap sinyal siaran televisi, biasanya dialami oleh sebuah gedung dengan banyak ruang. Sinyal yang diterima antara ruang satu dan lainnya kerap kali tidak sama. Hasilnya, output tampilan gambar dan suara kurang jernih.
Ketika memanfaatkan MATV, kendala seperti itu bisa dengan mudah teratasi. Sistem MATV memungkinkan sinyal siaran didistribusikan dengan kekuatan yang sama. Ketika ada sinyal yang losses sekalipun, terdapat sebuah komponen dalam MATV yang berfungsi untuk memperkuat sinyal tersebut.

Komponen Utama dari MATV


Antena

Komponen paling utama dari MATV adalah sebuah antena. Alat ini berfungsi untuk memancarkan dan/atau menerima sinyal siaran di area sekitar gedung. Semakin baik konstruksi suatu antena, maka semakin baik pula sinyal yang diterima. Pada sistem MATV, Antena akan menangkap sinyal yang dikumpulkan pada komponen headend.

Headend

Pada komponen ini, berbagai jenis sinyal yang diterima oleh antena dikumpulkan. Selanjutnya, sebelum pendistribusian sinyal tersebut akan dikonversi menjadi sinyal khusus. Kemudian, sinyal akan diteruskan menuju televisi melalui sebuah jaringan pengkabelan.

Pengkabelan

Saat sinyal melalui sistem pengkabelan, sinyal tersebut akan mengalami redaman. Sinyal yang terlalu kuat akan dilemahkan supaya tidak terjadi overdrive pada peralatan.

Amplifier

Komponen ini berfungsi untuk menguatkan sinyal yang losses. Tujuannya agar tampilan gambar dan suara pada televisi tetap bersih.

Splitter

Agar sinyal siaran bisa terbagi rata diperlukan adanya komponen splitter. Alat ini digunakan untuk membagi sinyal RF. Dengan memanfaatkan alat ini pula, sinyal siaran bisa dibagikan ke banyak kamar. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih splitter, seperti besarnya redaman, respon frekuensi, dan jumlah keluaran splitter.

Cara Instalasi MATV


Bagi pemilik hotel, kos-kosan, atau apartmen, pemasangan MATV merupakan hal yang sangat vital. Sebenarnya MATV/CATV tidak hanya digunakan pada gedung-gedung dengan banyak kamar saja. Namun juga bisa dipasang untuk daerah yang kesulitan mendapat sinyal UHF.
Dari sisi cara instalasi MATV, Anda harus menyiapkan komponen-komponen seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selanjutnya, Anda bisa memilih dua cara instalasi MATV sesuai dengan yang dibutuhkan di area Anda.

Metode Free and Branch System

Pada metode ini, sinyal transmisi sepanjang trunk cable melalui berbagai cabang dan sub cabang. Setiap ruangan dalam sebuah bangunan menggunakan decoder dan receiver untuk mengganti kanal televisi. Decoder diletakkan di antara jaringan pengkabelan dan televisi. Cara ini dianggap kurang ekonomis, mengingat pengelola gedung harus memasang decoder sejumlah kamar yang ada.

Metode Distribusi Channel

Cara kedua ini dianggap lebih efektif dan ekonomis, yaitu sinyal akan didistribusikan melalui trunk cable dari headend menuju sejumlah local center. Pada metode ini terdapat sebuah router yang berfungsi untuk memperlancar laju transmisi ketika terjadi sebuah gangguan. Selanjutnya, sinyal akan langsung disebarkan menuju kamar-kamar.


Referensi:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar