Kamis, 01 Desember 2016

Membangun Sistem MATV Sederhana di Rumah

Televisi adalah salah satu sumber hiburan yang disukai banyak orang. Dahulu, hanya orang yang bermukim di perkotaan saja yang bisa menikmati siaran televisi. Namun, semenjak adanya MATV, hampir di setiap daerah bisa menerima sinyal siaran dengan baik. Selain itu, kesulitan dalam membagi sinyal siaran televisi pada gedung dengan banyak ruang juga bisa diatasi dengan teknologi ini.
MATV (Master Antenna Televisi) merupakan suatu sistem jaringan yang sanggup mendistribusikan sinyal televisi dari antena utama menuju beberapa televisi. Teknologi ini biasanya dipasang pada suatu gedung dengan banyak ruangan, seperti apartemen, mall, atau hotel.

Cara Membangun Sistem MATV Sederhana di Rumah

Selain digunakan untuk perhotelan, MATV juga cocok untuk dipasang pada rumah huni. Dengan memasang MATV, setiap televisi di rumah Anda bisa menerima sinyal siaran dengan jernih dan lebih baik.
Terdapat beberapa komponen yang perlu disiapkan sebelum membangun sistem MATV sederhana di rumah, yaitu:

Unit Penangkap Siaran (Antena)

Bagian ini berfungsi untuk menerima jaringan siar yang ada di area tempat tinggal Anda. Biasanya komponen ini terdiri dari antena VHF atau antena UHF. Terdapat dua buah penangkat siaran yang bisa Anda pilih, yaitu antena yagi atau parabola.
Jenis antena yagi memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan antena jenis yagi adalah: memiliki sifat direksional, penguatan jaringan dapat diatur sesuai kebutuhan, dan dapat digunakan pada frekuensi tinggi. Adapun kekurangan dari antena ini adalah bahan rangkaiannya sangat banyak.
Sedangkan pada jenis parabola, antena ini mampu menangkap sinyal transmisi dengan jarak yang lebih jauh dan terkoneksi pada satelit. Antena berbentuk piringan ini memeliki kelebihan, dimana suara dan gambar yang diterima jauh lebih jernih daripada antena lainnya. Dari segi kelemahan, antena ini memiliki harga yang sangat mahal dan sinyal yang didapat sangat bergantung pada cuaca.

Unit Penguat Siaran

Komponen kedua yang haris disiapkan saat membangun sistem MATV sederhana di rumah adalah unit penguat siaran. Komponen ini juga sering disebut sebagai Mast Amplifier. Alat ini bekerja dengan cara memperkuat sinyal penerimaan pada antena televisi.
Sebelum didistribusikan, sinyal gambar dan suara yang telah dikuatkan terlebih dahulu dikirim menuju splitter. Setelah itu sinyal akan diteruskan menuju beberapa televisi yang ada di kamar atau ruangan rumah Anda.

Unit Pembagi Distribusi

Alat ini dikenal pula dengan sebutan splitter. Ketika melakukan instalasi MATV di sebuah bangunan, alat ini berfungsi sebagai pembagi sinyal jaringan menuju televisi di setiap ruangan. Alat ini dapat membagi sinyal RF yang berisi gambar dan suara agar dapat diterima sama baiknya pada setiap televisi di sebuah gedung.
Komponen ini juga berfungsi sebagai kopling sinyal. Ketika terjadi kerusakan atau konsleting, alat ini mampu menjaga agar kualitas tampilan televisi lainnya tidak terpengaruh.

Unit Penampil

Komponen ini adalah akhir dari sebuah jaringan MATV. Unit penampil berbentuk televisi yang memunculkan sinyal gambar dan suara. Tampilan kanal di televisi bisa diatur menggunakan tuner internal.

Referensi:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar