Kamis, 01 Desember 2016

Perangkat yang Terdapat Pada MATV

Disamping internet, televisi adalah alat penyebaran informasi yang juga sangat efektif. Meskipun tidak seluas informasi di internet, cukup banyak orang yang menikmati siaran televisi lebih dari tiga jam perhari. Terlebih lagi dengan adanya siaran televisi yang hampir mengudara selama 24 jam setiap hari.
Namun, terkadang muncul sebuah masalah. Meskipun setiap orang bisa menikmati siaran televisi, kualitas gambar atau suara terkadang kurang memuaskan. Hal ini bisa terjadi karena terhambatnya sinyal yang menuju pada televisi. Bagi Anda yang mengalami kesulitan mendapat kualitas tampilan gambar dan suara jernih, Anda bisa memasang sebuah MATV di rumah atau gedung tempat Anda tinggal.

MATV: Solusi Memperlancar Sinyal Televisi


MATV (Master Antena Televisi) merupakan sebuah jaringan yang dibangun guna mendistribusikan sinyal televisi, dari antena utama ke beberapa televisi dalam satu atap. MATV banyak dipasang pada rumah atau gedung dengan banyak ruangan, seperti kos, apartemen, hotel, dan rumah sakit.
Alat ini bekerja dengan cara menangkap sinyal siaran yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Setelah sinyal didapatkan, kemudian akan disalurkan menuju sebuah splitter. Pada komponen splitter ini sinyal akan mulai dibagikan ke beberapa televisi yang masuk ke dalam struktur jaringan MATV.
Sistem ini mampu membagikan sinyal siaran ke beberapa televisi dengan kualitas gambar dan suara yang sama. Pada saat sinyal siaran disalurkan, terdapat sebuah amplifier yang terletak di struktur jaringan MATV. Komponen tersebut bisa meningkatkan kualitas dari sinyal sebelum mencapai titik akhir pengiriman(televisi).
Satu hal yang perlu diingat, MATV bukan merupakan sebuah sistem yang beridiri sendiri. Sistem jaringan MATV bekerja dengan cukup kompleks antara komponen satu dengan yang lain. Sehingga, saat Anda berencana memasang sebuah MATV, perencanaan yang matang, penggunaan peralatan, serta teknik instalasi yang sesuai sangat diperlukan.

Mengenal Perangkat yang Terdapat Pada MATV


Perangkat yang terdapat pada MATV sebenarnya tidak terlalu banyak. Secara garis besar hanya terdapat dua buah komponen utama, yaitu antena dan headend. Namun, dalam instalasi MATV terdapat komponen pendukung seperti pengkabelan, amplifier, splitter.

Antena

Antena merupakan perangkat yang terdapat pada MATV, dimana alat ini berfungsi untuk memancar dan/atau menerima gelombang elektromagnetik secara efisien. Ketika Anda ingin memasang sistem MATV, pemilihan antenna yang tepat sangat diperlukan. Beberapa kriteria yang harus diperhatikan saat memilih antenna antara lain:
-          Bentuk dan arah radiasi yang diinginkan
-          Frekuensi antena
-          Bandwidth
-          Independensi input yang dimiliki
Jenis antena yang biasanya dipakai dalam instalasi sebuah sistem MATV adalah antena parabola dan antena yagi.

Headend

Headend (HE) juga merupakan perangkat yang terdapat pada MATV. Alat ini sering pula disebut sebagai sentral atau server. Di sebuah HE, terdapat beberapa susunan receiver digital sehingga dapat menghasilkan sinyal RF.
Alat ini bekerja untuk menampung berbagai jenis sinyal yang kemudian dikonversi menjadi jenis sinyal yang diinginkan. Selanjutnya, HE akan mengirimkan sinyal tersebut menuju splitter dan kemudian sinyal akan didistribusikan sama rata menuju pengguna televisi.

Amplifier

Alat ini memiliki fungsi sebagai penguat sinyal RF yang mengalami losses saat melewati kabel coaxial. Ada dua jenis amplifier, yaitu Trunk Amplifier dan Indoor Amplifier. Pada trunk amplifier, terdapat sebuah kontrol pengaturan gain yang berfungsi untuk menentukan besar/kecil sinyal RF yang harus dihasilkan. Sedangkan pada indoor amplifier, kemampuan pengaturan gain hanya sebesar 30 dB.

Splitter

Komponen ini berfungsi sebagai pemecah sinyal yang akan didistribusikan pada beberapa pengguna televisi. Terdapat dua jenis splitter, yaitu jenis two-way dan four-way.
Referensi:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar