Senin, 12 Desember 2016

Solusi Telepon Murah Menggunakan Internet

Internet sungguh memberi banyak kemudahan bagi kita semua. Dahulu, ketika ingin melakukan panggilan telepon kita sering resah apabila biaya tagihan membengkak. Menjalin silaturahmi lewat jaringan telepon pada waktu itu terasa sangat mahal.
Namun, sekarangan tidak lagi. Penggunaan teknologi VoIP memungkinkan kita bisa melakukan panggilan telepon dengan biaya yang lebih murah. Teknologi seperti apakah yang dikenal dengan nama VoIP? Mari kita simak yang berikut ini.

VoIP: Solusi Telepon Murah Menggunakan Internet


VoIP (Voice over Internet Protocol) merupakan sebuah teknologi yang mengijinkan kita untuk melakukan panggilan telepon lewat jaringan internet. Ketika melakukan komunikasi jarak jauh, sinyal suara analog akan diubah menjadi bentuk digital dan dikirimkan melalui jaringan paket data yang bersifat real-time.
Secara singkat, VoIP adalah teknologi yang memberikan solusi telepon murah menggunakan jaringan internet. Dalam prakteknya, pengguna bisa melakukan panggilan baik melalui sebuah PC dan smartphone.
Teknologi ini memberikan banyak sekali keuntungan. Dari segi tarif, VoIP lebih murah dibanding dengan jaringan telepon konvensional. Jaringan VoIP juga bersifat global, yang artinya dimanapun kita melakukan panggilan, tarif yang harus dibayarkan tetap sama.
Struktur jaringan VoIP juga sangat fleksibel. Teknologi ini bisa dipasang di sembarang ethernet dan alamat IP, tidak seperti jaringan telepon konvensional yang perlu port khusus.

Sejarah Penggunaan VoIP


Semula, VoIP hanya dapat digunakan antar personal komputer saja, itu pun dengan kualitas suara yang kecil dan buruk. Seiring perkembangannya, teknologi ini mengalami banyak perubahan positif. Bahkan, saat ini VoIP sudah dapat menghubungkan komputer ke komputer, komputer ke telepon, telepon ke komputer, dan telepon ke telepon di seluruh dunia.
Biasanya, teknologi ini dimanfaatkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Tujuannya untuk menekan biaya pengeluaran dan mempermudah proses komunikasi. VoIP bisa juga digunakan pada sebuah gedung dengan ruang. Secara metro, teknologi ini bisa pula dimanfaatkan untuk membangun jalur komunikasi antar kota.
Bukan hanya itu saja, VoIP dalam skala WAN (Wide Area Network) bisa pula digunakan untuk membuat hubungan komunikasi antar negara.

Bagiamana Cara Kerja VoIP?


Sebagai solusi telepon murah, prinsip kerja VoIP yang memanfaatkan internet terbilang cukup simpel. Dari mikrophone data suara berjenis analog akan diubah menjadi data digital. Selanjutnya, data akan diteruskan melalui sebuah hub, modem, atau router. Kemudian, data tersebut akan dikirim ke tujuan dan diterima dengan perangkat yang sama.
Bentuk paling sederhana dari penggunaan teknologi VoIP adalah menggunakan dua buah komputer. Kedua komputer ini masing-masing harus terhubung ke jaringan internet, memiliki sound card, dan mic. Kedua komputer ini dapat terhubung satu sama lain dengan memanfaatkan aplikasi khusus untuk melakukan panggilan suara.

Pada saat dikembangkan, data digital pada teknologi VoIP dianggap sebagai sebuah keuntungan utama. Mengingat bahwa data digital mudah dikendalikan, seperti dikompresi sebelum proses pengiriman. Bukan hanya sebagai solusi telepon murah menggunakan internet saja, VoIP juga mampu mengirim file lain seperti gambar.

Agar bisa menikmati teknologi VoIP, Anda harus menyediakan peralatan-peralatan yang mendukung. Bagi Anda yang sedang mencari solusi mudah berbelanja peralatan IT, Anda bisa mengunjungi indofortech.com. Indofortech.com merupakan e-commerce ICT terbesar di Indonesia.


Referensi:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar