Selasa, 22 November 2016

Layanan yang didapatkan melalui jaringan FTTH


Kecanggihan teknologi di bidang telekomunikasi berhasil menciptakan era baru yang dikenal sebagai era informasi. Pada era ini, setiap orang bisa mendapatkan informasi yang sama melalui internet. Kecepatan mendapat informasi turut berkembang seiring dengan kemunculan Broadband. Broadband merupakan koneksi berkecepatan tinggi yang memberikan akses internet cepat dan bisa selalu terkoneksi.

FTTH: Teknologi Broadband Masa Kini

FTTH (Fiber To The Home) merupakan salah satu teknologi broadband masa kini. Teknologi ini mulai dikembangkan semenjak ditemukannya fiber optik pada tahun 1950-an. Layanan komunikasi fiber optik memanfaatkan cahaya sebagai gelombang pembawa informasi yang hendak dikirim. Pada pengirim isyarat, informasi telah diubah menjadi isyarat optik yang diteruskan ke kanal informasi. Setelah sampai di penerima, cahaya yang diantar akan dikonversi menjadi besaran elektris oleh detektor cahaya.
Jadi bisa disimpulkan bahwa FTTH adalah sebuah layanan komunikasi berupa jaringan fiber optik yang ditujukan untuk menjangkau rumah konsumen. Manfaat adanya jaringan ini, para konsumen bisa mengakses layanan internet berkecepatan tinggi di rumah mereka. Keberadaan FTTH membuat banyak orang mampu menjelajah dunia maya dan mendapat berbagai macam informasi.

Kelebihan dan Kelemahan Fiber Optik

Fiber optik merupakan sebuah solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan setiap orang akan akses internet. Alasannya, teknologi ini memiliki kelebihan yang tidak ada pada teknologi jaringan lain, yaitu:
-          Memiliki bidang yang luas, sehingga dapat menampung informasi dalam jumlah besar
-          Ukuran yang kecil membuat teknologi ini tidak banyak memakan lahan
-          Aman terhadap medan elektris dan magnetis
-          Informasi atau isyarat yang ada di dalam kabel terjaga keamanannya
-          Karena informasi disalurkan dalam bentuk cahaya, tidak mungkin terdapat percikan api pada serat optik
-          Layanan yang didapatkan melaui jaringan FTTH berbeda dengan teknologi telekomunikasi yang lain
Meski tampak memiliki banyak keunggulan, FO tidak luput akan kelemahan juga. Beberapa kelemahan FO yaitu:
-          Membuat terminal pada kabel serat tidaklah mudah
-          Membuat sambungan serat harus menggunakan teknik serta ketelitian sangat tinggi
-          Jaringan fiber optik membutuhkan yang mahal untuk dalam proses instalasinya

Layanan yang Didapatkan Melalui Jaringan FTTH

Saat ini, jumlah penyedia layanan jaringan yang memanfaatkan teknologi fiber optik sudah cukup banyak. Penggiat industri telekomunikasi saling berlomba menyajikan layanan internet berkecepatan tinggi dengan harga bersaing.
Setiap provider memiliki paket beragam di setiap layanannya. Bahkan, konsumen bisa menikmati sebuah layanan yang disebut TPS (Triple Play Service). TPS adalah layanan yang didapatkan melalui jaringan FTTH dalam tiga bentuk, yaitu layanan internet, suara (telepon) dan video (tv interaktif).
Pada layanan internet, konsumen bisa menikmati jaringan dengan kecepatan tinggi, mulai dari puluhan hingga ratusan Mbps. Untuk layanan telepon, penyedia juga memberi layanan telepon gratis, baik lokal maupun interlokal selama beberapa menit (tergantung paket yang ditawarkan). Sedangkan pada layanan tv, pelanggan mendapat pilihan-pilihan channel, baik lokal maupun internasional.
Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar